Alhamdulillah Ramadan tahun ini kita sudah masuk masa endemi, artinya masa pandemi sudah lewat. Setelah sebelumnya 4 Ramadan kita dibayang-bayangi ancaman virus Covid-19, semoga Allah jaga kita semua dari segala marabahaya, aamiin. Meski sudah masuk masa endemi, tetapi kita semua tetap harus menerapkan pola hidup sehat, dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga, tidak lupa juga untuk menjaga Kesehatan ruhani dengan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Baksos adalah sebuah agenda rutin komunitas Sehati yang masih coba dipertahankan di setiap bulan Ramadan. Alhamdulillah Ramadan tahun ini agenda tersebut masih bisa dilaksanakan kembali. Meskipun terasa kurang semeriah tahun-tahun sebelumnya, harapan kami, langkah kecil ini bisa menghadirkan kebahagiaan bagi sesama dan memberikan manfaat.

Meski Ramadan tahun ini kondisi sudah cenderung kondusif, tetapi kami masih memilih mengadakan Baksos tanpa agenda buka puasa bersama. Hal tersebut kami pilih demi kenyamanan bersama, baik dari pihak Pondok Pesantren maupun dari sisi kami sendiri.

Pada Sabtu sore tanggal 6 April 2024, perwakilan komunitas Sehati menuju Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Nurul Hidayah yang berlokasi di Kelurahan Loktuan. Saat kami sampai di lokasi, kami disambut dengan hangat oleh pimpinan Ponpes. Terlihat beberapa santriwati berkumpul di ruang tamu turut menyambut kedatangan kami.

Seperti biasa, kami mengawali pertemuan tersebut dengan mengenalkan diri dan menyampaikan maksud kedatangan kami, yakni mewakili teman-teman Sehati untuk menyerahkan baksos Ramadan. Setelah itu pimpinan Ponpes menyampaikan sambutannya lalu kami menyerahkan baksos dan acara ditutup dengan foto bersama sebagai dokumentasi dan laporan ke seluruh teman-teman Sehati yang telah menitipkan donasinya. Kemudian kami berpamitan kepada pimpinan Ponpen dan seluruh santri.

Sekali lagi, kami sampaikan terima kasih kepada pengurus Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Nurul Hidayah beserta para Santri, juga kepada seluruh teman-teman dari komunitas Sehati. Semoga agenda ini membawa keberkahan dan manfaat bagi semuanya dan semoga kita semua dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan tahun depan. Aamiin aamiin yaa robbal aalamiin. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)