Alhamdulillah akhirnya setelah 3 Ramadan kita lalui dalam suasana pandemi, pada Ramadan tahun ini, perlahan tapi pasti kita kembali ke masa normal seperti dulu lagi. Meski status pandemi belum resmi dicabut, tetapi wajib masker sudah tidak berlaku, sehingga Ramadan tahun ini bisa dibilang menuju masa bebas Pandemi. Semoga Ramadan tahun depan status pandemi sudah dicabut dan kita dapat menikmati ibadah Ramadan dalam suasana yang benar-benar normal. Aamiin.

Sebuah tradisi yang masih coba dipertahankan di setiap bulan Ramadan oleh komunitas Sehati adalah adanya Baksos. Alhamdulillah tahun ini masih bisa dilaksanakan kembali. Meski tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, harapan kami, hal kecil ini bisa menghadirkan arti berbagi bagi sesama dan memberikan manfaat bagi penerimanya.

Meski Ramadan tahun ini kondisi sudah cenderung kondusif, tetapi kami masih memilih mengadakan Baksos tanpa agenda buka puasa bersama. Hal tersebut kami pilih demi kenyamanan bersama, baik dari pihak Pondok Pesantren maupun dari sisi kami sendiri.

Pada Senin (10/4/2023) kami menuju Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assaidiyah yang berlokasi di Kelurahan Bontang Baru. Kami sebenarnya sudah pernah baksos ke Ponpes ini beberapa tahun lalu. Saat ini kondisinya sudah jauh berubah, jauh lebih baik dari kunjungan pertama dulu. Saat pertama datang kami disambut perwakilan Ponpes yaitu Ustadz Mizan Hilmi. Kebetulan ada beberapa santri yang sedang setor hafalan.

Kami berbincang santai sejenak, setelah itu kami menyampaikan donasi yang dikumpulkan oleh anggota Sehati, kemudian kami melakukan foto bersama dengan Ustadz dan Santri yang ada di ruangan tersebut. Tak berselang lama, kami kemudian berpamitan pada Ustadz Mizan dan para Santri karena waktu berbuka puasa sudah dekat.

Akhir kata, terima kasih kepada pengurus Ponpes Bustanul Huffadz Assaidiyah dan para Santri, juga kepada seluruh teman-teman dari komunitas Sehati. Semoga agenda ini membawa keberkahan bagi semuanya dan semoga pandemi ini benar-benar berakhir dan Ramadan tahun depan kita semua dapat beribadah normal seperti sedia kala. Aamiin aamiin yaa robbal aalamiin. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)