Kutai Wana Rally (KWR) kembali digelar pada Sabtu (9/11/2019). KWR telah memasuki edisi ke-13 tahun ini. Masih seperti tahun sebelumnya, seluruh peserta diminta terlibat dalam kampanye bebas sampah plastik dengan tidak membawa makanan atau minuman dengan kemasan plastik. Untuk mendukung program tersebut, panitia telah membagikan water bladder kepada seluruh peserta dan membekali peserta dengan makanan ringan pada kemasan yang dapat digunakan kembali saat akan memulai lomba.

KWR tahun ini masih diikuti 150 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 4 orang peserta, sehingga total peserta adalah 600 orang. Panjang rute mengalami penambahan dimana sebelumnya hanya 6,5 Km, namun tahun ini menjadi 8 Km dengan medan yang cukup berat. Peserta harus mendaki beberapa bukit yang cukup tinggi dan melewati lembah yang cukup curam, ditambah beberapa rintangan berupa anak sungai yang cukup membuat peserta harus bersusah payah melewatinya.

Peserta berangkat dari Bontang Mangrove Park (BMP) Salebba, Bontang Baru pukul 6.30 Wita. Pukul 07.30 Wita peserta tiba di arena dan rangkaian acara pembukaan dimulai. Dalam acara pembukaan seluruh peserta berteduh karena hujan lebat turun sejak keberangkatan dari Bontang. Sebelum peserta diberangkatkan, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi terlebih dulu memberikan sambutan dan secara simbolis melakukan pelepasan anak beruang madu. Setelah itu 5 grup pertama diberangkatkan dan seterusnya setiap 5 menit, 5 peserta berikutnya diberangkatkan.

Medan lomba tahun ini sangat berat, selain ada penambahan panjang lintasan, hujan yang turun seharian membuat tenaga peserta terkuras habis, bahkan beberapa grup terpaksa harus dievakuasi. Hingga acara ditutup pada jam 17.00 Wita, kabarnya masih ada belasan tim yang masih dalam proses evakuasi.

Pada KWR 2019, komunitas Sehat Lahir Bathin (Sehati) mengirimkan tiga tim, yakni Sehati 1, Sehati 2 dan Sehati 3. Sehati 1 start dengan nomor 064, Sehati 2 start dengan nomor 057 dan Sehati 3 start dengan nomor 016. Alhamdulillah ketiga tim mampu menyentuh garis finish dan mendapatkan medali finisher. Tahun ini grup Sehati belum berhasil meraih predikat juara di KWR 2019. Semoga pada agenda KWR berikutnya, Sehati bisa mendapatkan slot dalam jejeran juara KWR, aamiin.

Berikut data tim yang berhasil menjadi juara 1 sampai 6:

Juara 1 Grup Wanabakti Samarinda (95 pts)

Juara 2 Grup IMM 3 (79 pst)

Juara 3 Grup Sandal Jepit (77 pts)

Juara 4 Grup Mitra Media (76 pts)

Juara 5 Grup Wanajaya (73 pts)

Juara 6 Grup RTH Kutim (73 pts)

Menurut informasi panitia, KWR akan libur di tahun 2020, karena TNK didaulat menjadi panitia HKN tahun 2020. Sampai jumpa kembali di KWR tahun 2021, semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan umur Panjang, aamiin. (pp)