Pada Sabtu (18/5/2019), komunitas Sehat Lahir Bathin (Sehati) melakukan agenda rutin setiap bulan Ramadan yaitu bakti sosial dan buka puasa bersama di salah satu panti asuhan atau pondok pesantren di wilayah kota Bontang dan sekitarnya. Kali ini, lokasi yang dipilih adalah Yayasan Al Mufid Ponpes Hifsil Qur’an Al Bustam yang berlokasi di Jl. Poros Samarinda-Sangatta, desa Suka Rahmat, kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur.

Selepas sholat Ashar, Teman Sehati mulai berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman, sebelum akhirnya bersama-sama menuju lokasi acara. Saat sampai di lokasi, Teman Sehati disambut hangat oleh para santri dan pimpinan Ponpes, Drs. KH. Andi Bustam Salam, BA. Sebelum memulai rangkaian acara, Teman Sehati besera para santri dan ustadz berkumpul untuk berfoto bersama, untuk mengabadikan momentum silaturahim tersebut.

Setelah itu, satu per satu acara dimulai. Diawali pembukaan oleh MC, dilanjutkan tilawah Al-Qur’an, lalu sambutan-sambutan, penyerahan bantuan, kemudian tausiyah dan ditutup dengan doa, sebelum akhirnya kami berbuka puasa bersama-sama. Suasana akrab terlihat jelas, meskipun ini adalah kunjungan untuk pertama kalinya.

Setelah melaksanakan sholat Maghrib berjamah, agenda dilanjutkan dengan menyantap makanan yang telah disiapkan untuk berbuka puasa bersama. Setelah itu, Teman Sehati berpamitan kepada pimpinan pondok pesantren dan para santri, untuk kemudian menuju rumah masing-masing dan bersiap melaksanakan ibadah sholat Isya dan Tarowih secara berjamaah.

Semoga Allah memberikan umur panjang dan kesehatan, agar kunjungan tersebut bukan menjadi kunjungan pertama dan terakhir, melainkan awal untuk kunjungan-kunjungan berikutnya. Aamiin. (pp)