Agenda tahunan bagi pecinta alam, Kutai Wana Rally (KWR) kembali digelar pada Sabtu (4/8/2018). Kali ini KWR memasuki edisi ke-12. Dengan mengambil tema “Harmonisasi Alam dan Budaya” ada yang berbeda pada KWR tahun ini. Seluruh peserta diminta terlibat dalam kampanye bebas sampah plastik dengan tidak membawa makanan atau minuman dengan kemasan plastik. Selain itu peserta diminta membawa unsur budaya Indonesia dalam pagelaran tahunan tersebut dengan menggunakan atribut budaya daerah Indonesia.

Seperti tahun lalu, penyelenggaraan KWR tahun ini masih melibatkan 150 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 4 orang peserta, sehingga total peserta adalah 600 orang. Untuk panjang rute pun masih sama yakni 6,5 Km di lokasi yang sama pula yaitu di daerah Sangkima, Kutai Timur.

Peserta berangkat bersama-sama dari Bontang Mangrove Park (BMP) Salebba, Bontang Baru pukul 6.30 Wita. Pukul 07.30 Wita peserta tiba di arena dan rangkaian acara pembukaan dimulai. Peserta dengan nomor start 001 sampai dengan 005 diberangkatkan terlebih dahulu, kemudian disusul 5 tim berikutnya sampai peserta dengan nomor start 150.

Medan lomba sedikit dimodifikasi dengan menghilangkan rute menyusuri anak sungai, namun jumlah tanjakannya ditambah sehingga kesan medan yang menantang tidak serta merta hilang. Satu demi satu peserta sampai di garis finish. Sesampainya di garis finish seluruh peserta dikalungkan medali finisher oleh panitia sebagai peghargaan karena telah mampu menaklukan medan lomba.

Pada KWR kali ini komunitas Sehat Lahir Bathin (Sehati) hanya mengirimkan dua tim dengan nama grup Sehati 1 dan Sehati 2. Sehati 1 start dengan nomor 015 dan Sehati 2 start dengan nomor 043. Alhamdulillah kedua tim mampu menyentuh garis finish dan mendapatkan medali finisher. Sayangnya Sehati belum berhasil menempati posisi 6 besar dan membawa pulang plakat KWR 2018.

Berikut data tim yang berhasil menjadi juara 1 sampai 6:

Juara 1 Grup RTH (483 pts)

Juara 2 Grup Ganteng-ganteng Baik Hati (479 pst)

Juara 3 Grup PT WAB (477 pts)

Juara 4 Grup L21 Arapaima Gigas (473 pts)

Juara 5 Grup Tarpala (473 pts)

Juara 6 Grup Bekantan XTR (472 pts)

Agenda KWR XII 2018 berlangsung sukses, mulai dari tahapan pendaftaran peserta sampai pelaksanaan lomba berakhir. Kampanye Zero Plastic Waste pun sukses, dimana peserta diberikan kotak snack dari kemasan plastik yang dapat digunakan kembali serta untuk makan siang disajikan dengan prasmanan untuk meminimalisir sampah, utamanya sampah plastik. Sukses buat seluruh pihak yang terlibat dalam KWR XII 2018. Sampai berjumpa kembali di KWR XIII 2019. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)