Seperti yang sudah-sudah, setiap tanggal 1 Januari, komunitas Sehat Lahir Bathin (Sehati) selalu memperingati hari jadinya dengan menggelar acara bakti sosial. Jika pada dua edisi sebelumnya menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes), maka pada tahun ketiga ini Sehati memilih untuk mengadakan bakti sosial untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kebetulan dalam waktu yang berdekatan ada bencana kebakaran yang melanda pemukiman warga dan sebuah bangunan sekolah di daerah Berbas Pantai, kecamatan Bontang Selatan.

Persiapan dilakukan dengan melakukan pertemuan kecil dengan seluruh anggota, kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan sumbangan dari seluruh Teman Sehati, baik berupa uang tunai maupun pakaian layak pakai. Setelah itu perwakilan Teman Sehati melakukan tinjauan ke lokasi bencana kebakaran untuk bertemu dengan penjaga posko bantuan yang dibuka didekat lokasi bencana. Kemudian setelah berkoordinasi dengan penjaga posko, ditetapkanlah waktu dan teknis pemberian bantuannya.

Pada Senin pagi (01/01/2018), rombongan Teman Sehati berangkat ke lokasi posko bencana kebakaran di Berbas Pantai tepatnya di kantor MTS DDI. Sesampainya disana rombongan disambut dengan hangat. Perwakilan Teman Sehati pun menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan baksos tersebut kepada petugas posko. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan sedikit penjelasan serta kronologis kejadian bencana kebakaran tersebut oleh salah satu petugas posko bencana tersebut.

Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai beserta pakaian layak pakai yang berhasil dihimpun oleh Teman Sehati dari seluruh anggota komunitas Sehati. Setelah itu rombongan Teman Sehati meninggalkan posko tersebut dan turut menyampaikan salam kepada seluruh korban bencana agar tetap sabar dan tabah dalam mengahadapi cobaan tersebut.

Akhirnya, seluruh Teman Sehati berharap semoga bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban korban bencana kebakaran. Semoga agenda serupa akan terus dilakukan oleh komunitas Sehati, tidak hanya pada saat perayaan milad Sehati namun juga pada kesempatan yang lain tanpa harus menunggu adanya kejadian yang membutuhkan bantuan sosial. Selanjutnya Teman Sehati berharap komunitas ini akan terus eksis dan menjadi manfaat bagi seluruh anggotanya maupun masyarakat kota Bontang. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements