Setelah vakum hampir 9 tahun lamanya akhirnya lomba lintas alam Kutai Wana Rally kembali digelar pada Sabtu, 05 Agustus 2017. Kutai Wana Rally XI diikuti oleh 125 tim dengan total 500 peserta. Uniknya lomba tahun ini diikuti oleh beberapa tim dari beberapa kota di Kalimantan Timur. Bontang menyumbang peserta terbanyak dengan 80 tim, Sangatta 41 tim, Samarinda 3 tim dan Balikpapan mengirimkan 1 tim. Kutai Wana Rally tahun ini mengambil tema Pohon dan sub tema Tanam, Rawat dan Jaga Bersama.

Sebagai salah satu komunitas pecinta alam, Sehati tak mau melewatkan salah satu lomba lintas alam terbesar di Kalimantan Timur tersebut. Awalnya Sehati mengirimkan 4 tim untuk mengikuti lomba tahunan tersebut, namun karena tuntutan pekerjaan akhirnya Sehati hanya mengirimkan 3 tim untuk mengikuti lomba tersebut. Ketiga tim tersebut adalah Sehati 1, Sehati 2 dan Sehati 3.

Saat technical meeting, Sehati 1 memperoleh nomor undian start 93, Sehati 2 memperoleh nomor undian start 66 dan Sehati 3 memperoleh nomor undian start 20. Jarak start Sehati 1, Sehati 2 dan Sehati 3 memang cukup jauh namun tidak membuat semangat tim menjadi kendur. Sehati sudah menyiapkan segala keperluan untuk berlomba jauh-jauh hari, mulai dari membuat kostum edisi Kutai Wana Rally, membuat modul untuk menjawab quiz dan menyiapkan yel-yel penyemarak.

Saat lomba dimulai semua peserta begitu bersemangat begitupun tim Sehati. Meskipun start lomba agak terlambat namun hal tersebut bukan menjadi penghalang, cuaca cerah seolah membuat semangat peserta semakin berkobar. Lintasan lomba sepanjang 6.5 km dengan medan menanjak dan berliku memicu adrenalin setiap peserta. Peserta dikejutkan dengan lintasan akhir lomba yakni setiap peserta wajib menyusuri anak sungai dengan batang pohon yang terendam di dalamnya serta ranting-ranting pohon yang siap melukai kaki bila peserta kurang berhati-hati.

Akhirnya seluruh tim berhasil mencapai garis finish dengan catatan waktu beragam, ada yang finish lebih cepat dari waktu panitia dan ada peserta yang finis melebihi waktu panitia. Dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba yakni pengumuman pemenang lomba. Semua peserta menyimak dengan seksama pengumuman pemenang yang disampaikan panitia. Dan yang menjadi pemenang dalam ajang Kutai Wana Rally XI 2017 adalah:

  1. Juara 1 Huru Hara BBC (90 poin)
  2. Juara 2 Sangatta Playon 3 (89 poin)
  3. Juara 3 Kelurahan Loktuan (87 poin)
  4. Juara Harapan 1 Indominco A (87 poin)
  5. Juara Harapan 2 Kompak 5 (85 poin)

Berikut rincian hadiah juara lomba:

  1. Juara I

– Piala Bergilir Bupati Kutai Timur

– Trophy

– Uang Tunai Sebesar Rp. 4.000.000,00

– Medali Pemenang

– Cinderamata

  1. Juara II

– Trophy

– Uang Tunai Sebesar Rp. 2.750.000,00

– Medali Pemenang

– Cinderamata

  1. Juara III

– Trophy

– Uang Tunai Sebesar Rp. 1.500.000,00

– Medali Pemenang

– Cinderamata

  1. Juara Harapan I

– Trophy

– Uang Tunai Sebesar Rp. 1.000.000,00

– Medali Pemenang

– Cinderamata

  1. Juara Harapan II

– Trophy

– Uang Tunai Sebesar Rp. 750.000,00

– Medali Pemenang

– Cinderamata

Selamat untuk seluruh pemenang dan selamat juga untuk seluruh peserta yang sukses mencapai garis finish dan berhak mendapatkan medali finisher. Sebuah ajang yang luar biasa, semoga tahun depan lomba ini kembali digelar dengan penyelenggaraan yang lebih baik lagi. Sampai jumpa di Kutai Wana Rally XII 2018. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements