Sabtu, 17 Juni 2017

Hadirnya bulan suci Ramadan senantiasa dinantikan semua umat Islam, tidak terkecuali kami. Sudah  dua Ramadan kami menyelenggarakan agenda bakti sosial sekaligus berbuka puasa bersama di beberapa tempat, biasanya kami menyasar daerah Pondok Pesantren atau Panti Asuhan. Alhamdulillah agenda pertama Ramadan tahun ini sudah kami selenggarakan, yakni bakti sosial di kampung Empang dan alhamdulillahnya kami diberikan kesempatan lagi untuk menyelenggarakan agenda bakti sosial yang kedua di Ramadan tahun ini.

Setelah melakukan survey akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan bakti sosial di Pondok Pesantren Bustanul Fath As Saidiyah yang berlokasi di gang Atletik no.14 Bontang. Pondok Pesantren tersebut dihuni oleh puluhan santri yang sedang belajar menghafal Al-Qur’an, saat ini Pondok Pesantren tersebut sedang membutuhkan banyak dana untuk pembebasan lahan yang rencananya akan dibangun sebuah Musholla.

Sabtu sore selepas sholat Ashar kami berangkat menuju Pondok Pesantren tersebut, sesampainya disana kami disambut oleh kepala Pondok Pesantren dan para santri yang baru saja setoran hafalan. Acara kemudian dimulai dengan pembacan ayat suci Al-Qur’an oleh salah seorang santri, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan diakhiri dengan tausiyah dan do’a.

Tak lama berselang kumandang adzan Maghrib mengalun, tak menunggu lami kami pun bersama-sama membaca do’a berbuka puasa dan mulai menyantap menu takjil yang sudah tersedia. Setelah itu kami menjalankan kewajiban sholat Maghrib berjamaah, setelah itu kami menyantap menu berbuka puasa bersama-sama. Suasa akrab Nampak hadir diruangan tersebut, meski beberapa santri sudah pulang kampung karena mau berlebaran bersama keluarga di rumah namun suasana tetap meriah.

Setelah menyantap menu berbuka dan menyerahkan sejumlah bantuan kami pun berpamitan. Harapan kami semoga silaturahim tersebut akan terus berlanjut. Diujung pertemuan tersebut harapan kami semoga keinginan pihak Pondok Pesantren untuk membebaskan lahan segera terwujud sehingga Mushollanya segera dapat dibangun, aamiin. Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah, semoga kami diberikan kesempatan lagi untuk melaksanakan agenda serupa di Ramadan tahun depan, aamiin. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements