Ahad, 19 Juni 2016

Setelah sukses menjalankan agenda berbuka puasa bersama di Ponpes Subulana sepekan lalu akhirnya kami mengulang kesuksesan yang sama, masih di acara yang sama namun kali ini ditempat berbeda. Kami memilih Ponpes Syaichona Cholil sebagai tempat kedua untuk agenda berbuka puasa bersama. Awal mulanya kami hanya ingin mengadakan satu agenda buka puasa bersama, namun mengingat tahun lalu kami menyelenggarakan dua kali maka kami pun termotivasi untuk mengadakan acara berbuka puasa bersama untuk yang kedua kalinya di bulan Ramadan 1437 H ini.

Tak lama setelah agenda berbuka puasa pertama paripurna kami pun mengatur jadwal rapat untuk mengadakan acara kedua, Alhamdulillah segalanya dimudahkan Allah SWT sehingga selang sepekan kemudian kami bisa menyelenggarakan acara kedua, meski waktunya singkat namun segala hal teknis mulai dari pengumpulan donasi, survey lokasi sampai penyiapan konsumsi dapat ditangani dengan sangat baik. Sebuah apresiasi tinggi patut disematkan pada kekompakan seluruh anggota Sehati.

Sore itu langit terlihat sedikit gelap, hujan sempat turun siang harinya meski tak terlalu lebat. Lepas sholat Ashar kami berkumpul di halaman masjid raya Baiturrahman. Tepat pukul 17.00 kami memulai perjalanan menuju lokasi. Tak berselang lama kami pun sampai di halaman Ponpes Syaichona Cholil yang terletak di Kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur.

Sesampainya disana kami disambut oleh para santri dan pengurus Ponpes tersebut. Suasana akrab tercipta dengan sendirinya. Kami mulai membuka acara dengan sedikit sambutan lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an setelah itu salah satu Ustadz menceritakan sejarah Pondok Pesantren tersebut dan kami menyimak dengan khidmat.

Tak terasa waktu berbuka puasa telah tiba, seketika kami berdoa bersama lalu secara serentak membatalkan puasa kami. Sungguh nikmatnya berbuka puasa bersama, lapar dan dahaga terasa sirna seketika, obrolan-obrolan ringan yang tercipta menambah cair suasana. Kami lanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah lalu menyantap makanan yang sudah disiapkan.

Setelah menyelesaikan santapan berbuka puasa lantas kami pun berpamitan pada seluruh penghuni Ponpes tersebut lalu melanjutkan perjalanan pulang dan bersiap untuk menyambut panggilan sholat Isya berjamaah yang dirangkai dengan sholat Tarowih. Semoga silaturahim yang telah terjalin akan tetap terjaga dan menjadi wasilah turunya rahmat Allah SWT, aamiin yaa robbal aalamiin. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements