Ada yang menarik setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Ada beberapa kebiasaan masyarakat Indonesia yang seolah-olah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadan dan pada saat Ramadan berlangsung. Apa saja? Mungkin ini beberapa diantaranya:

  1. Saling Memaafkan

Sepertinya kegiatan yang satu ini menjadi hal yang wajib dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Entah via broadcast message atau posting status di media sosial. Apakah termasuk anda juga??? Hehehe… sebenarnya tidak ada anjuran khusus mengenai hal ini, tetapi juga tidak ada larangan. Tetapi alangkah baiknya ritual saling memaafkan ini dilakukan setiap saat ketika ada diantara kita yang melakukan kesalahan.

  1. Ziarah Kubur

Kegiatan “nyekar” ini juga menjadi tradisi di masyarakat kita menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Lihat saja di pemakaman-pemakaman sekitar pasti ramai peziarah, bahkan kegiatan ini dijadikan ajang untuk mengais rezeki bagi sebagian orang dengan menjual bunga dan jasa membaca surat Yasin. Sebenarnya dalam Islam juga tidak ada anjuran khusus untuk berziarah menjelang datangnya bulan suci Ramadan, justru Rosulullah pernah berziarah ke makam Baqi pada malam hari. Kira-kira mau ikut sunah ziarah kubur pada malam hari???

  1. Sahur On The Road

Kegiatan yang berbau Charity ini juga marak dilakukan di bulan suci Ramadan. Sebenarnya baik tujuannya. Cuma terkadang prakteknya dilapangan menjadi kurang baik, misalnya sampai membuat keributan di jalanan dengan pengeras suara yang digunakan sehingga berpotensi mengganggu warga yang sedang beristirahat dan tidak menjalankan ibadah puasa, bahkan tak jarang ada yang adu mulut dengan relawan lain hanya karena hal sepele.

  1. Banyak Tidur

Hayo siapa yang malah sering tidur waktu puasa??? Hehehe… bukannya ga boleh loh, Cuma kalua bisa dikurangi. Bulan puasa harusnya kita lebih produktif bukan justru banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Hadist yang berbunyi bahwa tidurnya orang yang berpuasa itu adalah ibadah perlu dikaji ulang, karena ahli hadist menyatakan bahwa hadist tersebut lemah bahkan ada yang menyebutkan hadist tersebut palsu. Kita contoh saja Rosulullah yang justru produktif pada bulan puasa. Perang-perang besar Rosulullah justru dilakukan pada bulan puasa.

  1. Mudik

Kalua yang ini mah jangan ditanya. Yang bacanya sambal senyum-senyum pasti udah beli tiket dari setahun sebelumnya, ya kan??? Hahaha… tradisi mudik ini memang unik dan seolah-olah sudah menjadi kewajiban setiap menjelang lebaran. Sama seperti kegiatan-kegiatan diatas, bahwa mudik menjelang lebaran juga tidak pernah dicontohkan Rosullullah. Tapi ini pilihan sih, selagi waktu dan uangnya ada silahkan saja namun jika tidak ada sebaiknya jangan memaksakan diri. Kalua tidak bisa datang langsung ke kampung halaman setidaknya kita bisa bertatap muka dengan keluarga via Video Call, insya Allah lebih murah, hehehe…

Demikian tadi beberapa kebiasaan atau tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia menjelang datangnya bulan suci Ramadan dan pada saat bulan Ramadan berlangsung. Mungkin ada yang bisa menambahkan kebiasaan atau tradisi masyarakat lainnya???

Advertisements