1 Januari 2017, tak terasa dua tahun berlalu, penuh dengan cerita dan jejak perjalanan yang telah dilakoni komunitas Sehat Lahir Bathin (Sehati). Rasanya ribuan kata tak akan pernah cukup untuk menuangkan seluruh cerita, suka dan dukanya dan semua tempat yang kami singgahi selalu memberikan banyak kesan indah yang terlalu sulit untuk dilupakan.

Bentuk rasa syukur itu ingin kami tuangkan dalam hal baik dan bermanfaat, maka muncullah ide untuk menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka mengungkapkan rasa syukur perjalanan komunitas Sehat Lahir Bathin (Sehati) ini.

Anggota komunitas ini memang tak banyak, hanya 40 orang saja, tetapi jangan ragukan semangat kami. Setelah berembuk akhirnya kami memutuskan untuk melakukan baksos di dua tempat, pertama di panti asuhan dan pondok pesantren Nurul Mishbah dan kedua di pondok pesantren Subulana.

Pada Sabtu, 31 Desember 2016 tepatnya selepas sholat Ashar kami menuju ke pondok pesantren dan panti asuhan Nurul Mishbah. Sesampainya disana kami disambut dengan hangat, dengan senyum riang santri-santri cilik. Acaranya sederhana, diawali dengan sambutan lalu ditutup dengan do’a, meski singkat namun silaturahim tersebut sungguh berkesan bagi kami dan terbesit dalam hati kecil kami untuk bisa datang kembali kesana suatu saat nanti.

Milad Sehati Kedua 01 Milad Sehati Kedua 02

Keesokan harinya tepatnya hari Ahad, 1 Januari 2017 kami melanjutkan rangkaian agenda milad menuju pondok pesantren Subulana yang berlokasi di Bontang Lestari. Pagi-pagi sekali kami berangkat menuju lokasi acara. Cuaca cerah menyambut pagi itu, mengantarkan kami sampai tiba di lokasi acara.

Iring-iringan kendaraan kami sampai juga dilokasi acara dan seperti biasa salam hangat dan jabat tangan erat menyambut kehadiran kami, dan kami pun dipersilahkan untuk masuk kedalam Masjid sembari menunggu acara dimulai. Tak lama berselang acara pun dimulai, diawali dengan lantunan merdu ayat suci Al-Qur’an, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan diakhiri dengan tausiyah dan do’a. acara berlangsung khusuk dan nasehat-nasehat yang disampaikan pun seolah merasuk dalam hati, indah, memang sungguh indah.

Selepas itu kami melanjutkan acara makan bersama di saung diatas kolam ikan, suasana asri mampu membuat suasana semakin hangat, kami melahap menu santapan yang sudah dihidangkan, nikmat sekali, serasa makan di rumah makan mewah, sungguh pemandangan yang mahal bahkan teramat mahal.

Setelah selesai menyantap hidangan, kami melanjutkan dengan memancing di kolam ikan milik pondok pesantren Subulana sembari berbincang dengan beberapa orang santri. Suasana memancing mendadak heboh ketika salah seorang dari kami mendapatkan ikan gurame yang cukup besar, sayang sungguh disayang ketidaksigapan kami membuat ikan kembali lepas dan masuk kembali ke kolam, sontak canda tawa pun pecah seketika.

Milad Sehati Kedua 03 Milad Sehati Kedua 04

Setelah puas memancing akhirnya kami berpamitan pada ustadz Ahmad Syahrin Toriq selaku pimpinan pondok pesantren, kami pulang dengan hati riang, silaturahim singkat itu mampu memberikan kesan mendalam yang insya Allah akan mempererat ukhuwah diantara teman Sehati dengan para santri dan ustadz di pondok pesantren Subulana.

Akhirnya rampung sudah rangkaian acara baksos dalam rangka milad Sehati yang kedua, do’akan kami ya kawan semoga komunitas ini bisa terus eksis dan menebar manfaat, bukan hanya untuk anggotanya tetapi juga untuk sesame, aamiin. Salam hidup sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements