Pulau Kalimantan memang tidak dianugerahi gunung-gunung layaknya pulau-pulau lain di kawasan nusantara. Yang akhirnya sulit untuk menemukan mata air alami khas daerah pegunungan, pun hal nya dengan air terjun yang biasa terdapat di daerah dataran tinggi. Siapa sangka ada sebuah lokasi wisata air terjun disalah satu kota di Kalimantan Timur tepatnya di desa Makarti, kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Keberadaanya yang jauh dari pemukiman warga membuat wisata air terjun tersebut masih sangat terjaga karena tak banyak pengunjung yang datang. Wisata air terjun tersebut juga belum dikelola secara komersil sehingga untuk berkunjung tidak dikenakan biaya retribusi ataupun biaya-biaya yang lainya seperti dilokasi wisata pada umumnya.

Untuk menuju tempat tersebut tergolong gampang-gampang susah, karena lokasinya memang belum banyak diakses oleh wisatawan, selain itu wisata tersebut juga masih berada dikawasan pertambangan PT Leighton Contractors Indonesia, sehingga lokasinya memiliki akses yang terbatas, karena untuk masuk ke kawasan air terjun tersebut kita harus melewati jalan tambang yang dilewati truk-truk besar pengangkut Batubara dan juga melewati penjagaan dari Security perusahaan tersebut.

Untuk menuju lokasi wisata air terjun tersebut kita harus mempuh jarak kurang-lebih 72 km dari kota Bontang, dengan rincian 55 km melewati jalan poros Bontang-Samarinda dan 17 km masuk ke jalan yang melewati kebun karet hingga tembus ke jalan tambang hingga sampai ke lokasi air terjun tersebut. Jalan masuk ke kebun karet memang belum diaspal sehingga bila hujan turun maka kondisi jalanan akan becek dan licin, sehingga setiap motor yang melintas akan belok ke kanan dan diri seperti berada di arena offroad. Tetapi jangan khawatir, setelah sampai di jalan tambang maka kondisi jalan akan sedikit lebih baik meski masih dipenuhi kerikil-kerikil kecil. Untuk informasi tambahan jalan menuju lokasi tersebut belum bisa diakses dengan mobil, selain jalan tak terlalu lebar, kondisi jalan yang licin akan menyulitkan mobil yang melintas.

Air Terjun Makarti 02 Air Terjun Makarti 01

Sebagai penanda jalan masuk ke desa Makarti, ada sebuah gapura kecil disebelah kanan jalan yang juga terdapat papan kecil bertuliskan “Kuburan Muslim Desa Makarti”, lokasinya hanya beberapa meter saja setelah pom Bensin RM. Kenari, tepatnya disebelah kanan jalan bila kita memulai perjalanan dari arah Bontang. Bila masih kesulitan menemukan lokasi air terjun tersebut, mungkin kita bisa sambil bertanya pada warga sekitar yang sedang menyadap getah karet di sebelah kanan dan kiri arah perjalanan kita.

Bagi yang sudah pernah datang ke lokasi air terjun tersebut pasti akan mendapatkan kesan yang menyenangkan, selain tempatnya yang asri juga suasananya yang masih alami akan membuat segar pikiran kita yang mungkin sedang penat dengan rutinitas harian di rumah ataupun di kantor. Oh iya, beberapa orang menyebut air terjun tersebut dengan nama air terjun kembar, karena memang ada 2 air terjun yang bersebelahan, meskipun sebenarnya ada satu lagi yang posisinya sejajar namun agak berjauhan.

Air Terjun Makarti 03 Air Terjun Makarti 04

Selamat berlibur, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa berbagi cerita ya bila sudah sampai dilokasi air terjun tersebut, satu lagi, jangan merusak keindahan air terjun tersebut dengan membuang sampah sembarangan ataupun mencoret-coret dinding dan bebatuan yang ada disana ya, mari kita jaga sama-sama keindahan dan kealamian air terjun tersebut, agar tetap lestari untuk seterusnya. (pp)

Advertisements