Saat ini ada banyak sekali kawasan konservasi hutan bakau (mangrove) yang sekaligus dijadikan lokasi wisata di Indonesia tak terkecuali di kota Bontang. Setelah di kelurahan Berbas Pantai, saat ini yang juga sedang booming yakni di kawasan perumahan Bukit Sekatup Damai (BSD), kini anda juga bisa berlibur bersama keluarga maupun kerabat di kawasan ekowisata budidaya mangrove tepatnya di kelurahan Tanjung Laut Indah. Sebuah lahan pinggir pesisir yang disulap si empunya menjadi sebuah kawasan budidaya mangrove yang sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi yang dilengkapi dengan gazebo, café dan tempat pemancingan. Tempat tersebut sangat cocok dijadikan destinasi liburan bersama keluarga, karena lokasinya yang indah dan hijau serta dilengkapi dengan sajian menu makanan yang khas.

Lokasi budidaya mangrove ini tidak terlalu jauh dari jalan utama, sebagai sebatas penanda, lokasi tersebut tak jauh dari masjid raya Al-Hijrah, dari masjid ke tempat tersebut hanya terpaut beberapa meter saja, jadi untuk menuju lokasi budidaya mangrove tersebut dari masjid Al-Hijrah dapat ditempuh dengan sepeda motor atau bahkan dengan berjalan kaki.

Menurut pak Ali, pemilik lokasi tersebut, ia merintis kawasan tersebut mulai tahun 2009 dan mulai menanam bibit mangrove pada tahun 2011 lalu. Sebelumnya ia merupakan salah satu karyawan di perusahaan tambang besar di Bontang lalu ia memutuskan untuk keluar dan menekuni usahanya tersebut. Rupanya minatnya yang besar pada budidaya tanaman mangrove mampu mengalahkan hasratnya mengabdi di perusahaan tersebut. Semuanya dia mulai dari nol, ketekunanya menanam bibit-bibit mangrove kini sudah dapat dinikmati hasilnya, mulai dari terbentuknya hutan mangrove sampai aneka produk olahan mangrove, seperti sirup mangrove dan produk-produk lainya yang mempunyai nilai jual. Selain itu disana juga dijual bibit mangrove dari berbagai jenis yang juga diperjual belikan.

Ekowisata Mangrove 01 Ekowisata MAngrove 02

Dari usahanya membudidayakan mangrove tersebut ia telah meraih beberapa penghargaan baik dari provinsi maupun pemerintah pusat dan usahanya membudidayakan tanaman mangrove tersebut juga mendapat dukungan dari salah satu perusahaan besar di Bontang, tak hanya itu dukungan juga datang dari pemkot Bontang karena upayanya tersebut juga selaras dengan visi dan misi kota Bontang. Dan hal tersebut semakin memicu semangatnya untuk terus bergelut di bidang budidaya tanaman mangrove, karena selain membantu melestarikan tanaman mangrove untuk mencegah abrasi, upaya tersebut juga bernilai ekonomis yang dapat menopang hajat hidup keluarganya.

Selain pemandangan tanaman mangrove yang tumbuh subur, disana juga terdapat kolam ikan yang sengaja dikembangbiakan, diantaranya adalah ikan kerapu, ada kerapu bebek dan juga kerapu macan yang harga jualnya lumayan mahal dipasaran. Jadi bila ingin memancing ikan lalu dimasak juga bisa dan hal tersebut tentunya akan memberikan pengalaman yang baru dan berbeda yang dapat dirasakan oleh setiap pengunjung yang datang. Untuk menikmati sajian ikan laut tadi, di tempat tersebut juga disediakan gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh dan menikmati makanan dan minuman yang disajikan.

Ekowisata Mangrove 03 Ekowisata Mangrove 04

Udara segar, pemandangan yang indah dan sajian makanan dan minuman yang khas akan menjadi daya tarik yang memikat hati setiap orang yang datang ke tempat tersebut. Apalagi wisata bernuansa alam kini banyak diburu karena  dianggap lebih ampuh meluruhkan kesuntukan yang timbul akibat rutinitas aktifitas sehari-hari dibandingkan wisata belanja misalnya yang justru menguras kantong dan berpotensi menimbulkan kejenuhan baru.

Kehadiran ekowisata budidaya mangrove ini akan menjadi alternatif tempat liburan bagi seuruh warga Bontang meski sebelumnya sudah ada tempat-tempat yang indah lainya untuk berwisata. Setiap pengunjung yang datang pun dapat mulai mengenal tanaman mangrove beserta jenis-jenis dan produk olahanya lengkap dengan bagaimana cara membudidayakanya. Jadi selain berlibur pengunjung juga mendapatkan informasi lengkap tentang tanaman mangrove, sungguh pengalaman yang tak terlupakan. (pp)

Advertisements