Assalamualaikum, Wr. Wb.

Teman sadarkah kita bahwa semua hal yang terjadi di dunia ini tidak ada yang kebetulan????  Yups!!! Semua ada campur tangan Allah. Bahkan sehelai daun yang gugur pun tak pernah luput dari ijin Allah SWT.

Terkadang tanpa kita sadari Allah memberikan kita sesuatu itu penuh dengan maksud dan tujuan, jadi bukan asal kasih aja. Dengan segala kemahaan-Nya, Allah mengatur seisi jagad raya ini dengan sangat detail dan sempurna dan Allah tidak pernah melakukan kesalahan sekecil apapun.

Sadarkah kita bahwa Allah selalu memberikan sesuatu dalam hidup kita dengan maksud membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan orang yang lebih dekat dengan-Nya??? Itulah salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada seluruh ciptaan-Nya.

Misalkan kita adalah orang yang temperamental alias orang yang gampang marah alias emosian, kita akan selalu dihadapkan dengan hal-hal yang cenderung memancing emosi kita, sampai pada akhirnya kita bisa menjadi orang yang lebih sabar dan tidak mudah tersulut api amarah.

Seandainya kita adalah orang yang malas datang ke majelis ilmu atau pengajian, maka setiap kali kita mau menghadiri sebuah majelis ilmu maka setiap kali itu pula kita akan diuji kemantapan hati kita untuk menghadiri acara tersebut misalnya tiba-tiba hujan deras, mati lampu, ban motor atau mobil kempes, anak-anak rewel dan lain sebagainya.

Kawan kira-kira seperti itulah cara Allah mentarbiyah kita untuk menjadi manusia yang lebih baik, lebih sabar dan lebih dekat dengan-Nya.

Surga itu mahal kawan, jadi untuk mencapainya kita butuh banyak bekal, banyak upaya dan banyak pengorbanan.

Marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan, saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.

Beruntung itu bila kita memiliki teman-teman yang sholeh, yang mau mengingatkan kita ketika kita salah dan mau merangkul kita saat kita terjatuh. Teman-teman yang sholeh itu adalah anugerah yang sangat mahal, karena tidak semua orang memilikinya.

Marilah kita sikapi segala ujian dengan kesabaran, dengan sikap baik sangka, dan senantiasa instropeksi diri untuk menjadi insan yang lebih baik, lebih bahagia, Insya Allah.

Sekian, semoga bermanfaat. (pp)

Advertisements