Assalamualaikum Wr. Wb.

Sahabat setelah kami membahas tentang salah satu pulau cantik di kota Bontang yakni Pulau Segajah sebenarnya ada satu pulau cantik lain yang super duper populer tidak hanya di Bontang tapi sampai ke luar kota Bontang bahkan sampai ke luar pulau Kalimantan, yup!!! Bener banget pulau itu bernama pulau Beras Basah.

Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar timur bagian Pulau Kalimantan. Secara administrasi, pulau ini berada di bawah pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini sekarang menjadi tujuan wisata dan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Asal mula nama Beras Basah menurut cerita rakyat setempat berasal dari kata “beras” dan “basah”. Dahulu kala, terdapat kapal milik kesultanan kutai yang sedang berlayar di selat makassar. Kapal tersebut membawa bahan pangan yang diantaranya adalah beras. Kapal tersebut tiba – tiba saja karam dan menumpahkan bawaannya. Karena perairan tempat kapal karam tersebut dangkal maka bawaan kapal tersebut yang sebagian besar adalah beras tidak tenggelam, melainkan muncul sebagian seperti gundukan. Lama – kelamaan gundukan beras tersebut berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

Untuk dapat mengunjungi pulau ini terdapat beberapa akses yang semuanya berasal beberapa dermaga atau pelabuhan dari Kota Bontang. Akses yang paling cepat adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed-boat yang memakan waktu kurang lebih lima belas menit. Akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan kapal kecil bermesin yang memakan waktu kurang lebih satu jam.

Buat sahabat yang berasal dari luar pulau Kalimantan, setelah sampai di kota Balikpapan waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke Samarinda kurang Lebih 3 jam dan dari Kota Samarinda ke Kota Bontang hingga di Pelabuhan Tanjung Laut juga kurang lebih 3 jam.

Pulau Beras Basah menawarkan keindahan pantai, pasir yang putih, mercusuar yang menjulang tinggi dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Cocok banget buat sahabat yang hobi diving, Snorkeling, memancing sampai fotografi.

Di pulau tersebut terdapat musholla, toilet, pedagang makanan dan arena permainan banana boat. Apabila anda ingin membeli air tawar untuk mandi disana dijual air tawar dalam kemasan jerigen 5 liter seharga 5 ribu per jerigenya dan untuk menikmati wahana permainan banana boat anda harus membayar 25 ribu per-orangnya.

Bagaimana ingin berlibur??? Ke pulau Beras Basah aja, hehehe….

Selamat berlibur sahabat, salam sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements