Sahabat seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan, terdapat lebih dari 17.000 pulau tersebar diseluruh penjuru nusantara. Seperti pada umumnya semua pulau hampir bisa dikunjungi sepanjang hari, jikalau ada larangan untuk pergi, mungkin dikarenakan transportasi yang terbatas ataupun karena disana terdapat binatang buas. Tapi tidak dengan pulau Segajah, yap! Mungkin nama pulau tersebut terdengar asing bagi sebagian orang.

Pulau kecil nan indah tersebut terdapat di kota Bontang, Kalimantan Timur. Jaraknya tak terlampau jauh dari pusat kota, sayangnya pulau menawan tersebut tak bisa dikunjungi setiap saat, pasalnya pulau tersebut akan hilang saat air laut pasang dan baru terlihat saat air laut surut. Jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi pulau mungil tersebut adalah saat pagi hingga siang atau tepatnya saat air laut surut.

Pasir di pulau kecil ini masih sangat bersih dan putih, karena kotoran-kotoran selalu terseret oleh air. Air lautnya begitu jernih, hingga terlihat banyak bintang laut yang menghuni, bahkan kita juga bisa temukan clown fish. Dari sekian banyak dominasi bintang laut yang berwarna cokelat dan kemerahan, terdapat sedikit bintang laut berwarna biru. Namun ingat, perlu ekstra hati-hati jika mencoba masuk ke dalam air, disana terdapat karang-karang kecil yang ditempeli  bulu babi.

Kota Bontang merupakan Kota yang terletak di jalur lintas Kalimantan dan berhadapan langsung dengan Selat Makassar. Untuk menuju Bontang, dari Bandara Sepinggan Balikpapan, bisa meggunakan travel atau menggunakan Bus AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi). Untuk menuju Pulau Segajah, wisatawan bisa menyewa perahu yang ada di Bontang Kuala, perjalanannya lebih kurang ditempuh sekitar 20 s.d 30 menit dan jika ditempuh dari pelabuhan Tanjung Laut dibutuhkan waktu kira-kira 40 s.d 50 menit. Serta untuk menyewa perahu tariff berkisar antara 500 ribu hingga 700 ribu tergantung kapasitas perahu dan lokasi keberangkatan.

Pastikan sahabat menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, serta jangan lupa merencanakan perjalanan dengan baik, mengingat Pulau Sengajah hanya bisa kita kunjungi pada siang hari.

Banyak hal yang anda bisa lakukan di pulau tersebut antara lain, berenang, bermain pasir, memancing hingga Snorkeling.

Sebelum pergi ke pulau tersebut rencanakan perjalanan anda sebaik mungkin dan ingat jaga kebersihan saat berlibur disana ya, mari kita jaga sama-sama keindahan anugerah Allah SWT tersebut agar tetap indah dan lestari.

Selamat berlibur, salam sehat lahir dan bathin. (pp)

Advertisements